Program Studi Pendidikan Dokter Subspesialis Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret/RSUD Dr Moewardi
Sub peminatan Penyakit Tropik Infeksi

Prakata
Di Indonesia, tingkat dan jangkauan pelayanan kesehatan superspesialistik khususnya bidang Ilmu Penyakit dalam masih rendah dan merupakan permasalahan yang perlu dipecahkan oleh para ahli yang berkecimpung di bidang keilmuan terkait masing-masing. Untuk menangani kasus-kasus superspesialistik diperlukan tenaga kesehatan profesional dengan kualifikasi pendidikan profesi tertinggi yakni Dokter Subspesialis. Kualifikasi sebagai Dokter Subspesialis dihasilkan melalui jenjang pendidikan profesi ke-3 (Third Professional Degree) atau pendidikan subspesialis. Seperti diketahui, saat ini jumlah dokter Subspesialis di bidang Ilmu Penyakit Dalam masih terbatas dan semuanya terdapat di kota-kota besar.
Oleh karena itu Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK UNS merasa perlu untuk membuka Program Pendidikan Dokter Subspesialis Penyakit Dalam, dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga profesional di tiap kekhususan pada cabang Ilmu Penyakit Dalam.
Program studi ini terdapat 3 kekhususan cabang Ilmu Penyakit Dalam yang telah dibuka dan mendapatkan Surat Keputusan dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam sebagai institusi penyelenggara Program Pendidikan Dokter Subspesialis Penyakit Dalam, yaitu ;

  1. Penyakit Tropik Infeksi
  2. Ginjal Hipertensi
  3. Gastroentero Hepatologi

Semoga tujuan pembukaan program ini dapat tercapai untuk kepentingan dunia pendidikan kedokteran dan pelayanan kesehatan, khususnya di bidang Ilmu Penyakit Dalam di Indonesia

Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Subspesialis Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret/RSUD Dr Moewardi

Prof.Dr.dr.HM.Bambang Purwanto,SpPD,K-GH,FINASIM

Visi
Menjadi Pusat Program Pendidikan Dokter Sub Spesialis Penyakit Dalam (PPD-SPD) bereputasi internasional,  menghasilkan lulusan kompeten professional dan unggul tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Dokter Sub Spesialis Penyakit Dalam yang terus mengikuti perkembangan kompetensi dan keilmuan baik di tingkat nasional dan internasional.
  2. Melakukan penelitian-penelitian translational biologi molekuler dan sel punca.
  3. Mengadakan pengembangan penelitian dan mendorong peningkatan kualitas karya ilmiah sesuai dengan standar ilmu pengetahuan bereputasi Internasional.
  4. Menyelenggarakan tata kelola Program Pendidikan Dokter Sub Spesialis Penyakit Dalam sesuai dengan standar yang berlaku.
  5. Meningkatan kerjasama dengan institusi-intitusi lain baik di skala nasional maupun internasional dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.